Target Laba Bersih 15% Di 2022, Perluas Ekspor Dan Tambah 3 Varian Produk

Tahun ini, SIDO memasang target konservatif baik untuk pendapatan dan laba bersih yakni 15% dibandingkan 2021. Direktur Utama SIDO, David Hidayat memaparkan pihaknya tidak memiliki rencana bisnis khusus, SIDO akan menjalankan strategi sebagaimana tahun lalu dengan lebih baik.

Adapun mengenai capex, pihaknya menyiapkan alokasi senilai Rp200 miliar tahun ini, yang digunakan untuk penambahan fasilitas produk COD2 sehingga kapasitas bertambah 30%. Dana belanja modal didapat dari arus kas operasi ada Rp3 triliun tunai di neraca keuangan, sehingga belum membutuhkan pendanaan dari perbankan untuk membiayai aktivitas belanja modal.

Direktur Keuangan Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Leonard menjelaskan belanja modal sebesar Rp210 miliar terutama untuk meningkatkan skala distribusi domestik dan pengembangan produk baru. Emiten bersandi SIDO ini menargetkan dapat berekspansi dengan lingkup hingga 150.000 pedagang grosir dan ritel memenuhi kekosongan distribusi di luar Pulau Jawa. Hingga 2021, total outlet distribusi SIDO mencapai 135.000 grosir dan ritel.

Distribusi penjualan secara online juga menjadi fokus perseroan guna memaksimalkan marketplace dan media sosial.

Selain itu, SIDO juga menargetkan peluncuran 3 produk baru untuk penjualan dalam negeri. Penambahan produk tersebut terkait varian minuman sehat dan produk suplemen herbal.

Untuk wilayah ekspor, SIDO mempunyai strategi pasar ekspor fokus pada reaktivasi dan pemerataan distribusi terutama di negara-negara tujuan utama seperti, Nigeria, Malaysia, dan Filipina dan negara-negara ekspor tujuan baru, terutama negara-negara ECOWAS [Afrika Barat] dan Asean.

Selain itu, produsen Tolak Angin ini akan fokus dalam pengembangan bisnis baru, yaitu minyak atsiri atau essential oil. Bisnis minyak atsiri ini baru dimulai pada kuartal IV/2021 dengan fokus tujuan negara ekspor ke Eropa dan USA.

Baca  Nasib SIDO, Tidak Rasionalnya Bursa & Potensi Tahun 2022 (Kalo Ada)

Sumber :

1. https://newssetup.kontan.co.id/

2. https://market.bisnis.com/

3. https://market.bisnis.com/

(Sudah dibaca 178 kali, Yang membaca hari ini 1 orang)

Yuk share pendapatmu di bawah ini