SMDR Akan Stock Split 1:10, Apa Efeknya, Berapa Harga Asli Dan Valuasi SMDR?

Salah satu emiten paling fenomenal dalam hal kenaikan harga saham di bursa Indonesia yaitu SMDR atau PT Samudera Indonesia Tbk.

Tidak ada bumbu digital, tidak ada bumbu “komo-komoan” yang tidak jelas.

SMDR naik tinggi karena kinerja dan poyeksi kinerja perusahaan. Hal ini sesuai dengan apa yang pernah kami tulis bahwa story terbaik untuk kenaikan atau penurunansaham adalah dengan kinerjanya seperti di artikel ini Mengenal Kondisi Perusahaan, Kinerja Perusahaan, Kinerja Saham Dan Menemukan STORY Lebih Cepat Dibanding Bandar

Karena kenaikannya yang sangat signifikan, SMDR berencana melakukan stock split. Apa itu stock split?

Pengertian stock split secara sederhana adalah pemecahan nilai saham. Tujuannya adalah menurunkan harga per saham dan meningkatkan jumlah saham yang beredar.

Saat emiten melakukan stock split, maka jumlah lembar sahamnya bertambah, tapi stock split tidak akan mengubah jumlah modal yang disetor.

Keuntungan stock split bagi investor

  • yang sudah memiliki sahamnya adalah kepemilikan saham menjadi lebih banyak, jumlah dividen yang dibagikan sama.
  • bagi investor baru adalah harganya lebih murah secara nominal, namun dividen lebih kecil

Detail pembahasan stock split, private placement dan risght issue bisa dibaca di artikel ini ya Apa Persamaan Dan Perbedaan Private Placement, Right Issue Dan Stock Split

Direktur Kepatuhan dan Sekretaris Perusahaan SMDR Farida Helianti Sastrosatomo menjelaskan, pertimbangan manajemen atas rasio pemecahan saham 1:10 di antaranya untuk meningkatkan likuiditas perdagangan saham dan menjadikan harga saham menjadi lebih terjangkau bagi para investor ritel.

Hal itu terbukti pada aksi korporasi pemecahan saham perseroan yang pernah dilakukan di tahun 2017 dengan rasio 1:20. Di mana, volume perdagangan harian saham perseroan meningkat dari rata-rata 2 juta transaksi saham per hari menjadi 6 juta transaksi saham per hari.

Baca  Dividen SMDR 2022 Rp 50/Lembar & Salahnya Siapa

Ya tahun 2017 SMDR juga sudah melakukan stock split dengan rasio 1:20. Harga saham waktu itu di kisaran Rp 6.300 per saham dibagi 20, dan saat stock split harga saham SMDR menjadi Rp315 per saham.

Dan sekarang harganya sudah kembali di kisaran Rp 3920. Berarti tanpa stock split harga asli SMDR sudah berada di kisaran Rp 78.400/ lembar.

Tapi apa mungkin kalo tidak stock split harganya akan ke Rp 78.400? Menurut saya sih tidak ya karena semakin harganya mahal maka investor yang akan berani beli juga semakin sedikit.

Nah kalo harga SMDR sekarang Rp 3920, berapa harga wajarnya? Jika menggunakan EPS 1023 dan Book Value 1410 maka harga wajar saham SMDR menurut Graham Number sebesar 5697 berbanding dengan harga sekarang 3920.

Baca selengkapnya disini ya SMDR Q1 2022 : Harga Wajar SMDR 2022, Laba Bersih 338%, Harganya Masih Bisa Terbang Lagi?

Dapatkan analisa saham GRATIS Via Telegram di

Mau Konsultasi Saham Online Dengan GRATIS?

Temukan Saham Fundamental Bagus, Undervalue dan Di Bawah Rp 1000/ lembar

Sumber :

1. https://investor.id/

2. https://market.bisnis.com/

(Sudah dibaca 2,069 kali, Yang membaca hari ini 1 orang)

Yuk share pendapatmu di bawah ini