PT Hoffmen Cleanindo Tbk (KING) Incar Rp 56.1 M & Begini PROSPEKnya

PT Hoffmen Cleanindo Tbk

PT Hoffmen Cleanindo Tbk (KING) berencana menawarkan 330 juta saham baru yang merupakan saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp 20 per saham. Jumlah tersebut setara 24,91% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam setelah penawaran umum. Perseroan mematok Harga Penawaran sebesar Rp 165 – Rp 170 setiap saham.

Dalam prospektus disebutkan jumlah seluruh nilai Penawaran Umum sebanyak-banyaknya adalah Rp 56.100.000.000 (Rp 56,1 miliar).

Perusahaan yang bergerak di bidang usaha Jasa Cleaning Service, Security, Washroom Hygiene, dan Parkir melalui Perusahaan Anak ini, telah menunjuk PT NH Korindo Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Perseroan secara bersamaan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 132.000.000 Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau sebanyak 13,27% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan.

Skemanya adalah, setiap pemegang 5 Saham Baru Perseroan berhak memperoleh 2 Waran Seri I di mana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel. Waran seri I yang diterbitkan mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama 3 tahun.

Adapun dana hasil IPO akan digunakan sebagai berikut

  • 61,43% seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja di Perseroan seperti untuk pembayaran gaji karyawan, pembelian peralatan penunjang Perseroan dan untuk investasi robot pembersih.
  • 32,18% untuk pelunasan utang Bank Perseroan, termasuk kepada PT Bank Central Asia Tbk dan PT Bank CIMB Niaga Tbk.
  • 6,39% untuk meningkatkan penyertaan saham di Perusahaan Anak yaitu PT Hoffmen Parkindo (HP), yang selanjutnya akan digunakan sebagai modal kerja HP.

Sedangkan dana yang diperoleh Perseroan dari pelaksanaan Waran Seri I, jika dilaksanakan oleh pemegang waran, maka seluruhnya akan digunakan untuk Modal Kerja Perseroan yaitu untuk menunjang kegiatan operasional Perseroan.

Baca  Investasi Cuan 20% per Tahun Dan Bahaya Floating Loss + Floating Profit

Berikut jadwal lengkap IPO saham berkode KING :

Masa Penawaran Awal : 17 Mei 2022 – 20 Mei 2022

Tanggal Efektif : 30 Mei 2022

Masa Penawaran Umum Perdana Saham : 2 Juni 2022 – 7 Juni 2022

Tanggal Penjatahan : 7 Juni 2022

Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 8 Juni 2022

Tanggal Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia : 9 Juni 2022

Masa Perdagangan Waran Seri I – Pasar Reguler dan Negosiasi : 9 Juni 2022 – 4 Juni 2025

Masa Perdagangan Waran Seri I – Pasar Tunai : 9 Juni 2022 – 6 Juni 2025

Periode Pelaksanaan Waran Seri I : 9 Desember 2022 – 9 Juni 2025

Akhir Masa Berlakunya Waran Seri I : 9 Juni 2025

Presiden Komisaris sekaligus founder PT Hoffmen Cleanindo, Eddy Japarto, optimistis mampu mencapai target dana dari pelaksanaan IPO ini. Pasalnya, prospek usaha di bidang integrated facility services akan tetap cemerlang di tahun-tahun mendatang.

Potensi pasarnya sangat besar, dan kami juga sudah menjadi rekanan banyak developer dan building management, sehingga kami optimistis perusahaan ini akan terus berkembang.

Layanan ini menjadi stand point nilai jual bagi gedung baik perkantoran, hotel ataupun pusat perbelanjaan.

Hoffmen Cleanindo mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia sekitar 2.500 tenaga kerja berbasis kebersihan dan bisa menyerap tambahan 1.500 tenaga kerja, dengan penambahan layanan employee service di tahun ini.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, laba bersih Hoffmen Cleanindo melejit hingga 80,95 persen atau sekitar Rp 3,14 Miliar di tahun lalu. Sementara pendapatan di tahun 2021 mencapai Rp 167,02 Miliar atau mengalami pertumbuhan sebesar 18,04  persen secara year on year (yoy).

Rudy Japarto Presiden Direktur Hoffmen menjelaskan, awalnya, Hoffmen Cleanindo sudah berkiprah selama 10 tahun lebih terus melebarkan sayap bisnis, yakni ke manajemen ketenagakerjaan dan penyalur tenaga kerja (employee service & labor supply).

Baca  ACES : Apakah Kinerja Melambat & Apa Yang Sebaiknya Dilakukan

Selain alasan bisnis, alasan sosial, yaitu menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia menjadi pendorong langkah agresif perusahaan ini dalam lima tahun terakhir.

Ke depan, Rudy berencana akan memperluas ke layanan manajemen ketenagakerjaan dan penyalur tenaga kerja (employee service & labor supply), yang meliputi pekerja trampil (skill employee) seperti engineering, kelistrikan, driver, dan lainnya, maupun nonterampil (nonskill employee) seperti resepsionis, buruh packing, telemarketing, SPG, dan lainnya.

Sumber :

1. https://www.cnbcindonesia.com/

2. https://investasi.kontan.co.id/

3. https://www.liputan6.com/

(Sudah dibaca 273 kali, Yang membaca hari ini 1 orang)

Yuk share pendapatmu di bawah ini