Dalam Keterbukaan Informasi yang diterbitkan PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) tanggal 16 Juni 2022 disebutkan bahwa MDKI akan mempunyai 2 bisnis baru yaitu mortar dan PCC.

Ada 3 hal yang membuat MDKI memang sebaiknya mempunyai bisnis baru yaitu

1. Perseroan menghadapi tantangan dari permintaan pasar yang stagnan.

Oleh karena itu, Perseroan harus senantiasa meningkatkan efisiensi di segala bidang dan kapabilitas dalam membangun keunggulan kompetitif.

2. Perseroan dihadapkan pada tantangan dalam hal pemenuhan SDM (Sumber Daya Manusia), mengingat Perseroan merupakan satu-satunya produsen Kalsium Karbida di Indonesia sehingga bukan hal mudah untuk
mendapatkan SDM yang dapat dengan cepat menyesuaikan skill & knowledge dalam bidang produksi Kalsium Karbida.

3. Produk mortar dan PCC memberikan added value yang besar di mana akan menempatkan Perseroan dalam posisi yang kuat pada bisnis mortar di Indonesia yang kemudian akan meningkatkan diversifikasi produk, strategi, inovasi serta mendukung visi besar Perseroan untuk menjadi menjadi pendukung kuat industri konstruksi di bidang kimia industri berstandar internasional yang berdaya saing global.

MDKI memberikan alasan terkait memilih mortar sebagai bisnisnya yaitu karena salah satu bahan baku utama produksi Kalsium Karbida adalah batu kapur. Dari penggunaan batu kapur sebagai bahan baku utama tersebut, banyak sisa dari kapur yang tidak terpakai.

Selama ini, sisa bahan baku batu kapur yang tidak terpakai tersebut sebagian dijual dan sebagian yang sudah rusak dibuang. Perseroan berencana untuk memanfaatkan sisa bahan baku tersebut dapat dipakai untuk menjadi bahan
baku produk lain. Team Research & Development Perseroan memutuskan untuk melakukan uji kelayakan atas produk mortar, yang sebagian bahan baku produksinya menggunakan sisa bahan baku kapur yang tidak terpakai dan Perseroan siap untuk memproduksi mortar. Kegiatan produksi akan dilaksanakan di tempat kedudukan Perseroan saat ini, Gresik – Jawa Timur.

Mortar dipilih karena Industri Mortar semakin berkembang dan diminati pasar karena keunggulannya dibandingkan semen konvensional. Beberapa keunggulan produk mortar diantaranya bersifat instan atau siap pakai, penggunaannya tidak perlu lagi ditambahkan material lain, serta cukup diaduk dengan air dan langsung diaplikasikan.

Oleh karena itu, dengan diproduksinya Mortar oleh Perseroan akan membantu meningkatkan utilitas pabrik.

Selain mortar, MDKI juga akan berbisnis PCC.

Perseroan dalam proses produksi kalsium karbida, menghasilkan gas CO2 yang tidak terpakai. Perseroan berencana untuk memanfaatkan gas CO2 tersebut untuk menjadi bahan baku produk lain. Team Research & Development Perseroan memutuskan untuk melakukan uji kelayakan atas produk PCC, yang bahan bakunya banyak menggunakan gas CO2 dan Perseroan siap untuk memproduksi PCC.

Precipitated Calcium Carbonate (PCC) merupakan batu kapur yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga membentuk partikel kecil yang bersifat mudah diatur. Saat ini pangsa pasar PCC telah digunakan dalam berbagai industri, seperti: industri farmasi, makanan, dan industri pembuatan kertas, plastik, mantel, tinta, cat dan pipa
polimer. Dengan keistimewaan karakteristiknya, pemakaian Precipitated Calcium Carbonate (PCC) memiliki potensi pasar dalam industri yang semakin luas.

Alasan MDKI harus berbisnis mortar dan PCC adalah karena produk MDKI

Patut kita nantikan terkait gebrakan baru dari MDKI ini.

(Sudah dibaca 67 kali, Yang membaca hari ini 1 orang)
Share:

Yuk share pendapatmu di bawah ini