Kamus Istilah Dalam Saham

A

B

C

Cum date dividen adalah tanggal terakhir perdagangan saham di bursa yang masih melekat hak untuk mendapatkan dividen.

D

Dividen adalah hak pemegang saham yang diberikan oleh perusahaan dalam waktu tertentu

Dividend payout ratio (DPR) adalah perhitungan rasio yang didasarkan pada seberapa banyak laba perusahaan yang dibagi menjadi dividen bagi para pemegang saham.

Dividen trap adalah jebakan yang terjadi dalam proses pembagian dividen.

Dividen yield adalah adalah rasio keuangan yang digunakan untuk mengukur keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan kepada pemegang saham.

E

Ex date dividen adalah tanggal perdagangan saham di mana sudah tidak melekat lagi hak untuk memperoleh dividen.

F

Floating loss adalah kondisi dimana kita rugi secara nilai namun belum terealisasi rugi selama saham tersebut belum dijual.

G

H

I

IDX High Dividend 20 adalah Indeks yang mengukur kinerja harga dari 20 saham yang membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir dan memiliki dividend yield yang tinggi.

Investor adalah orang perorangan atau lembaga yang melakukan investasi jangka panjang (bisa 1 tahun lebih) dengan tujuan mendapatkan keuntungan

J

Jakarta Islamic Index (JII) adalah Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham syariah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi.

K

L

Lot adalah jumlah satuan saham. 1 lot = 100 lembar

LQ45 adalah Indeks yang mengukur kinerja harga dari 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

M

N

O

P

Pasar Negosiasi adalah jenis pasar yang transaksi sahamnya menggunakan mekanisme tawar menawar secara pribadi, tetapi tetap dalam pengawasan bursa.

Pasar Reguler adalah jenis pasar yang digunakan untuk transaksi saham sehari-hari.

Q

R

Recording date atau tanggal pencatatan adalah hari ketika perusahaan mencatat siapa saja investor yang berhak menerima dividen.

Rekening Dana Nasabah (RDN) adalah rekening yang dibuat oleh sekuritas untuk kita yang memiliki fungsi sebagai penampung uang yang akan digunakan untuk jual beli saham.

S

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan.

Sekuritas adalah firma yang merupakan anggota bursa efek dengan lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek atau saham dan menjadi perantara transaksi bagi perusahaan atau investor.

Stock split adalah aksi korporasi yang dilakukan oleh perusahaan yang telah go public dengan memecah harga saham dalam rasio tertentu.

T

Trader adalah orang perorangan atau lembaga yang melakukan jual beli saham dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dan dalam waktu jangka pendek (Bisa 1 hari atau bahkan 1 jam atau 1 menit)

U

V

W

X

Y

Z

(Sudah dibaca 55 kali, Yang membaca hari ini 1 orang)

Yuk share pendapatmu di bawah ini