2022, Bank Jatim (BJTM) Fokus Layanan Digital Banking

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman mengatakan untuk tahun 2022, BJTM akan terus berusaha mengembangkan layanan digital banking untuk mempermudah nasabah dan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan.

Peningkatan layanan digital banking menjadi concernĀ Bank Jatim seiring dengan peningkatan transaksi maupun jumlah user JConnect Mobile dan JConnect Internet Banking.

Tak hanya itu, tingkat keamanan transaksi perbankan juga tak luput jadi salah satu fokus Bank Jatim agar nasabah tetap merasa aman dan nyaman. Bank Jatim kemudian menggandeng Telkomsel untuk memperkuat keamanan data nasabah, terutama pada aplikasi JConnect Mobile.

Fokus ini sudah dimulai dari tahun 2021 dengan menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai Rp 165 miliar. Capex ini seluruhnya merupakan bagian untuk investasi pengembangan kapasitas IT perusahaan sejalan dengan pengembangan platform digital yang dilakukan perusahaan.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Jatim Tonny Prasetyo mengungkapkan investasi perusahaan di bidang IT saat ini memang besar, terlebih perusahaan harus meningkatkan kapasitas servernya yang ada saat ini untuk meningkatkan sistem bank karena digital banking ini banyak produk baru dan konsen untuk memudahkan masyarakat dalam pembayaran ataupun transaksi perbankan sendiri terutama pembayaran dengan pemerintah daerah.

Saat ini perusahaan telah membentuk road map pengembangan digital dan memaping tiga pilar utama pengembangan digital, yakni ekosistem pemerintah daerah, UMKM di Jawa Timur dan masyarakat umum di Jawa Timur.

Sekadar informasi Data Bank Jatim per kuartal III/2021 mencatat jumlah transaksi nasabah melalui ATM mencapai 4.197.810 transaksi atau naik 1,0 persen dibandingkan periode akhir 2020 atau year to date (Ytd), jika dibandingkan kuartal III/2020 juga mengalami pertumbuhan 7,3 persen (Yoy).

Baca  Bank Mandiri (BMRI) Bagikan Dividen Sekitar Rp 360/ Lembar Saham & Souvenir Yang Aduhai

Transaksi nasabah melalui m-banking pada kuartal III/2021 tercatat 1.416.151 transaksi atau tumbuh 45,4 persen (Ytd), atau naik 109,5 persen (Yoy).

Sementara, transaksi SMS Banking pada periode tersebut tercatat 15.324 transaksi atau naik 55,9 persen (Ytd), atau turun -53,3 persen (yoy).

Adapun, transaksi melalui internet banking tercatat mencapai 89.716 transaksi atau turun -9,6 persen (Ytd) atau turun -5,7 persen (Yoy).

Sumber :

1. https://keuangan.kontan.co.id/

2. https://www.cnbcindonesia.com/

3. https://surabaya.bisnis.com/

(Sudah dibaca 120 kali, Yang membaca hari ini 1 orang)

Yuk share pendapatmu di bawah ini